3 Benda yang Mengganggu Router WiFi di Rumah, Jauhkan!

3 Benda yang Mengganggu Router WiFi di Rumah, Jauhkan!


Yogyakarta - Siapa yang tidak sebal kalau jaringan WiFi di rumah tidak stabil? Biasanya kecepatan WiFi di rumah itu bisa terganggu benda yang menghalangi router.

Dikutip dari The Sun, Jumat (2/6/2023) ada tiga benda di sekitar rumah kamu yang menyebabkan jaringan WiFi tidak stabil. Oleh karena itu, untuk mendapatkan jaringan yang maksimal pada router WiFi, dipastikan untuk menjauhkannya dari benda-benda berikut ini.

1. Logam
Apabila Anda memiliki router WiFi di dekat benda apapun yang terbuat dari logam, lebih baik pindahkan router WiFi untuk menjauhi benda logam tersebut ya detikers. Atau, benda logamnya yang dipindahkan menjauhi router. Benda yang terbuat dari logam pasti akan mengganggu gelombang radio dan ini bersifat elektromagnetik. Sehingga logam dengan mudah menyerap dan mengurangi kekuatan jaringan WiFi di rumah kamu.


2. Kaca cermin
Perlu detikers ketahui bahwa cermin merupakan biang keladi dalam hal penyerapan gelombang radio. Selain itu, beberapa cermin di dinding yang sangat besar juga dapat mempengaruhi konektivitas.

Hal tersebut dikarenakan cermin memiliki lapisan tipis logam yang dapat menyebabkan gangguan pada jaringan. Oleh karena itu, pastikan detikers jauhkan router WiFi dari kaca cermin, ini termasuk kaca layar TV dan juga kaca pintu microwave.

3. Microwave
Microwave dapat mengeluarkan banyak radiasi elektromagnetik yang dapat mengganggu sinyal router WiFi. Bahkan apabila detikers tidak menggunakannya, gelombang mikro pada microwave masih mengandung logam. Selain itu, hal tersebut berlaku juga untuk TV, karena TV biasanya terbuat dari bahan yang tidak mendukung kecepatan WiFi yang baik

Nah oleh karena itu, tempat yang baik untuk menempatkan router WiFi adalah dengan menempatkan router WiFi pada pusat rumah. Biasanya dapat diletakkan di area terbuka yang terangkat dari tanah. Selain itu, detikers juga harus pastikan router Wifi dicolok langsung ke soket daripada kabel ekstensi sehingga dapat bekerja lebih cepat.

Source :  detik inet